Sunday, February 04, 2007

KARAKTER ORANG RUSIA

Latar belakang politik era komunisme, menyisakan karakter bangsa Rusia yang tidak ramah, curiga, keras, dan berhati-hati saat berinteraksi dengan orang asing. Meskipun demikian tersimpan kelebihan-kelebihan dalam kedisiplinan, berbagi, dan beberapa hal lain berkaitan dengan interaksi di masyarakat.
Beberapa tips berikut ini insya Allah dapat bermanfaat:

Orang Rusia sangat kritis dan senang sekali berdebat dalam segala hal. Bahkan seringkali mereka mengkritisi bangsanya sendiri. Namun demikian, dianjurkan untuk tetap bersikap sopan dan tidak memberi komentar negatif tentang Rusia, karena jauh di lubuk hatinya orang Rusia sangat patriotik. Sebaiknya mengendalikan diri untuk tidak mengangung-agungkan nilai-nilai barat saat berkomunikasi dengan mereka.

Mayoritas rakyat Rusia tidak dapat berbahasa Inggris. Oleh karena itu perlu berhati-hati dalam berkomunikasi dengan mereka. Papan informasi, rambu lalulintas, media massa dan fasilitas lainnya umumnya dalam bahasa Rusia. Sehingga penting bagi anda mempelajari bahasa Rusia.

Kebanyakan penduduk kota-kota di Rusia tinggal di flat (Kwartira) yang kecil, terdiri atas satu atau dua kamar (komnata). Flat di pinggir kota umumnya lebih suram, kotor, dan kurang terawat.

Jika bertamu ke flat orang Rusia, mereka pantang berjabatan tangan di luar pintu flat. Sehingga anda sebaiknya masuk dahulu, berjabatan tangan baru kemudian melepaskan jaket anda.

Orang Rusia menghormati tamu dengan menyediakan makanan terbaik yang mereka miliki. Sebaiknya sampaikan lebih awal sebelum bertamu jika anda seorang muslim dan menjelaskan jenis makanan dan minuman yang haram bagi anda. Orang Rusia akan menghormati keyakinan anda tesebut dan merasa dipercaya.

Jangan terkejut apalagi menolak jika diajak makan di dapur oleh orang Rusia, karena ini berarti anda telah dianggap sebagai teman dekat.

Orang Rusia sebagaian besar berpendidikan tinggi, gemar membaca dan senang mengobrol berbagai hal ringan. Ada baiknya anda juga cukup menguasai berbagai hal berkaitan dengan buku, musik, seni, budaya, geografi, dan sebagainya yang sedang populer di dunia atau di negri anda.

Bila masuk ke rumah orang Rusia sebaiknya melepas sepatu tanpa diminta, semata-mata untuk mencegah salju atau lumpur mengotori flatnya. Biasanya tuan rumah akan meyorongkan sendal rumah (tapochki) unuk anda kenakan.

Mayoritas penduduk Rusia berpenghasilan kurang dari US $100, sehingga mereka memiliki pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun berbeda jauh dengan penghasilan penduduk Moskow dan St. Petersburg yang penghasilnnya di atas US $500. Materialisme amat kentara terlihat pada karakter penduduk kedua kota besar ini.

Saat berada di luar rumah, baik tampil di muka publik atau sekedar berbelanja, orang Rusia beusaha tampil maksimal tanpa memandang penghasilan mereka. Untuk urusan penampilan, mereka amat royal meskipun harus mengirit pengeluaran makan harian. Gadis-gadis Rusia terkenal cantik dan modis, terutama di kota-kota besar.

Jika merencanakan pertemuan dengan orang Rusia, pastikan waktu dan tempatnya dengan menelepon ulang beberapa jam sebelum pertemuan. Situasi di Moskow dan St. Petersburg yang sering macet perlu diantisipasi agar anda tidak terlambat.

Dalam bercakap-cakap, orang Rusia gemar menggunakan peribahasa, kata-kata bijak, atau anekdot yang membuat percakapan menjadi ‘hidup’. Ada baiknya anda mengimbanginya dengan kata-kata bijak yang sepadan dari negeri anda. Orang Rusia amat senang jika anda menguasai sebuah ungkapan dalam bahasa Rusia.

Orang Rusia mempercayai berbagai macam tahayul, meskipun bertentangan dengan logika dan agama Kristen Orthodox menentangnya, namun telah menjadi budaya turun menurun. Beberapa contohnya sebagai berikut:

1. Bila memberi hadiah bunga, maka berikan dalam jumlah ganjil (1, 3, 5, 7 dsb). Bunga dalam jumlah genap berarti berkabung atas suatu musibah.
2. Jangan bersiul di rumah atau di kendaraan. Orang yang bersiul dianggap sulit mendapat rezeki atau pengangguran.
3. Jangan bersalaman di anak tangga, jika hal itu dilakukan akan menimbulkan perselisihan dengan orang tersebut.
4. Jangan bersalaman dengan tamu di batas pintu. Jika dilakukan, maka dikhawatirkan akan menjadi pertemuan terakhir. Hendaknya masuk atau tuan rumah keluar sekalian.
5. Seorang gadis atau bujangan jangan duduk di pojok meja makan jika tidak ingin menjadi perawan tua.
6. Seorang gadis yang dipukul atau terpukul bokongnya dipercaya akan sulit mendapat jodoh, kecuali jika ia segera menarik rok atau celananya ke bawah, seakan-akan merapikannya..
7. Jika mendengar sesuatu yang tidak menyenangkan, orang Rusia akan mengatakan “Nye dai Boh!” sambil menolehkan kepala ke kiri, mendecak seperti meludah 3 kali, dan mengetukkan jari ke permukaan meja (atau kayu) tiga kali. Hal tersebut dilakukan dengan harapan keburukan itu tidak terjadi.
8. Orang Rusia pantang mengatakan kelebihan keluarga atau membanggakan anaknya secara langsung. Jika hal itu terjadi, maka orang tersebut langsung mendecak 3 kali ke kiri dan mengetuk jari ke permukaan kayu 3 kali. Hal itu dilakukan agar ucapannya tidak membatalkan kondisi baik yang telah ada.
9. Jika kucing hitam melintas di depan orang Rusia, dipercaya akan membawa sial atau malapetaka. Untuk menghindarinya, maka menunggu orang lain melewati lintasan kucing tersebut atau berjalan mundur.
10. Jika lupa membawa sesuatu dari rumah, maka saat kembali mengambil barang tersebut diikuti dengan bercermin sebelum pergi kembali keluar rumah.
11. Jika ada kotoran di meja, jangan dibersihkan dengan menggunakan tangan sebagai tadahnya. Jika hal itu dilakukan dapat berdampak sulit mendapat rezeki.
12. Jangan menyapu di malam hari, dapat menyebabkan jauh dari jodoh.

Demikian beberapa pengalaman dan tips berguna selama bergaul dengan orang Rusia, khususnya Moskvich (orang Moskow).
Da Svidaniya!

Ahmad Marzuki
marzuki@mail.ru

No comments: